Wayang Golek,Wayang nya Jawa Barat

Indonesia merupakan Negara yang memiliki kebudayaan yang sangat banyak,hal itu terjadi karena banyak nya daerah dan pulau di Negara ini .

      Kebudayaan Indonesia bukan hanya seni Tarian dan upacara adat saja ,banyak contoh kebudayaan Indonesia selain hal tersebut,kita ambil contoh dari seni pertunjukan yaitu Wayang Golek.

      Berbicara tentang Wayang Golek,mari kita kupas tuntas tentang hal tersebut di bawah ini sob!.

Wayang  Golek

       Wayang Golek merupakan boneka kayu yang di tampilkan berdasarkan suatu alur cerita  dalam suatu pertunjukan dan di mainkan oleh seorang dalang (penggerak Wayang Golek).Wayang ini juga merupakan wayang yang terkenal di pulau Jawa karena memiliki keunikan tersendiri loh sob!.

        Wayang yang dijadikan salah satu ikon Jawa Barat tersebut, berhasil menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang mengunjungi daerah tersebut,selain karena pertunjukan Wayang yang menghibur ,hal ini juga bisa membuat kebudayaan di Indonesia tetap terjaga agar tidak hilang begitu saja.Mengapa si, Wayang Golek masih terkenal sampai sekarang? nah itu dia ,Wayang Golek bisa terkenal bahkan sampai sekarang karena banyak nya keunikan di Wayang ini nih sob,seperti karakter wayang yang khas sampai alur cerita yang menghibur.

       Seperti yang sudah di singgung di awal , Adapun hal unik yang berkaitan dengan Wayang Golek yaitu salah satunya adalah arti “Golek” dari kalimat Wayang Golek,yaitu kayu,maka bila kita sambungkan arti dari Wayang Golek ialah Boneka Kayu.Hal tersebutlah yang membuat Wayang Golek berbeda dan unik dari wayang lain nya yaitu bahannya yang terbuat dari kayu.

Selain hal tersebut,adapun hal unik lainnya dari Wayang Golek,yaitu alur ceritanya yang diambil dari cerita rakyat,mahabarta dan ramayana .Oleh karena itu meskipun setiap alur cerita wayang menghibur yang diambil bukan cerita sembarangan sob.

Karakter yang di perankan Wayang Golek juga bukan karekter sebarang nih sob,contohnya seperti cepot,semar,gatot kaca,dorna,arjuna,abimanyu dan masih banyak lagi .Karakter yang diperankan, tergantung alur cerita yang dimainkan oleh sang dalang,oleh karena itu karakter di Wayang Golek memiliki peran nya masing masing.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.